Home Kategori umum • Cara mengembalikan Data Yang Terformat Pada Hardisk  Atau Flashdisk

Cara mengembalikan Data Yang Terformat Pada Hardisk  Atau Flashdisk

 - 

Kehilangan data penting di flashdisk atau hardisk akan membuat anda jengkel dan geram, apalagi jika file tersebut menyangkut data penting atau rahasia mengenai perusahaan. Itu dapat menimbulkan bahaya stress dan frustasi bagi anda. Itu memang sering terjadi karena siapapun pernah melakukan tindakan yang ceroboh secara tak sadar.  Namun kejadian tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi. Sudah ada teknik jitu untuk menyelesaikan file hilang.

Cara mengembalikan data yang terformat dapat diselesaikan melalui instalasi software Power Data Recovery (PDR). Anda dapat mendownloadnya pada browser internet secara cuma-cuma.  Aplikasi ini didesain untuk mengembalikan data yang terhapus. Caranya, anda klik dua kali file aplikasi pdrsetup.exe setelah selesai download.  Setelah instalasi selesai, anda masukkan keygen dan patch dengan cara klik dua kali pada keygen. Jika smadav menemukannya sebagai virus, maka klik tombol berwarna merah (keep run). Barulah anda copy serial number, kemudian “generate” diklik.

Tahap lebih lanjut mengenai penggunaan PDR ini adalah dengan cara membuka data recovery yang ada pada desktop. Klik dua kali, maka akan muncul tampilan aplikasi software tersebut.  Anda harus melakukan registrasi dengan cara mengklik “register”, lalu paste serial number pada kolom putih yang disediakan. Klik tombol register yang berwarna biru. Maka aplikasi sudah siap untuk digunakan.

Cara mengembalikan data yang terformat dapat anda mulai dengan membuka file aplikasi PDR tersebut. Sebagai latihan awal, anda disarankan untuk membuat folder khususatau baru pada flashdisk/hardisk anda. Mulailah klik recover dan klik dimana file tersebut berasal dengan cara mencentang file/foldernya. Kemudian anda klik “save”. Dengan mengikuti rambu-rambu yang ada selanjutnya, maka tahap akhir pengembalian data akan selesai. Folder anda dipastikan cepat kembali di tempat semula.

Program-program sejenis yang anda dapat andalkan untuk mengembalikan file yang terhapus karena akses format yang salah, banyak beredar di internet sehingga anda dapat mendownloadnya.  Hampir kebanyakan dapat didownload dengan gratis. Program handal yang dapat menjadi rekomendasi bagi anda meliputi recuva, pandora recovery, soft perfect file recovery, puran file recovery, dan glary undelete. Melalui aplikasi-aplikasi tersebut, file anda yang hilang akan kembali ditemukan tanpa ada tahapan panjang seperti proses manual menggunakan sistem ms. dos yang sangat sulit.

Cara manual agar file terformat atau hilang dapat kembali, yakni dengan aplikasi dos prompt. Pertama klik tombol windows dengan huruf R pada keyboard anda, maka akan tampak dialog “run”.Tulislah perintah command pada kolom di samping tulisan “open” dan masuk ke “command prompt” dengan tampilan c:\document\owner>, maka anda tuliskan perintah CHKDSK/F: dan enterjika flashdisk berada pada drive F. lakukan perintah Del Drive letter:*.*. kemudian anda format dengan perintah Dos Promt Format F. Maka file yang terhapus pada flashdisk anda dipastikan akan kembali, carilah dimana file terformat pada tempat semula.

Cara kembalikan data yang terformat pada flashdisk atau hardisk di atas merupakan cara praktis mengembalikan data hilang yang sering diterapkan. Tujuan utama dari semua itu adalah agar file penting anda kembali dalam keadaan aman dan tidak rusakatau corrupt. Jika file anda rusak bisa jadi diakibatkan karena virus, bukan terformat dan hilang. File hasil terformat biasanya hanya hilang dan tidak rusak. Itulah sebabnya file ini biasanya kembali pasti dalam keadaan utuh. Denganditemukannya file anda, tentu akan membawa angin segar bagi anda untuk terus melanjutkan pekerjaan anda.

Deskripsi: cara kembalikan data yang terformat pada hardisk  atau flash disk yang paling mudah dilakukan agar dapat kembali ke tempat semula dengan cepat dan tidak rusak.

 

Author:webmaster