Home Kategori umum • 6 Karakteristik Millenial Yang Membangun Penggerak Roda Ekonomi Kreatif

6 Karakteristik Millenial Yang Membangun Penggerak Roda Ekonomi Kreatif

 - 

Istilah Generasi Millenial saat ini sudah semakin dikenal oleh masyarakat luas untuk merujuk pada anak-anak yang lahir setelah Generasi Millenium. Anak-anak yang lahir pada masa Millenial dianggap memiliki karakteristik yang sangat mudah diidentifikasi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak yang dengan mudah membedakan anak-anak dari generasi ini dengan anak-anak dari generasi sebelumnya, selain tentunya perbedaan usia. Diantara berbagai karakteristik yang ada, pada artikel ini akan dibahas 7 karakteristik Millenial yang menunjang pembangunan ekonomi kreatif di Indonesia.

Generasi yang Melek Teknologi

generasi-millennial-1

Karakteristik pertama yang dimiliki oleh Generasi Millenial adalah mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Seperti yang diketahui, saat ini teknologi berkembang sangat pesat sehingga banyak hal yang berganti dalam waktu singkat. Perubahan yang terjadi ini untuk beberapa generasi kurang mudah diterima karena merasa harus melakukan adaptasi ulang. Namun, berbeda dengan para millenial yang sangat mudah melakukan adaptasi. Karakteristik selanjutnya dari generasi ini adalah terbuka. Saat ini semakin banyak anak muda yang berani menyampaikan pendapatnya tanpa merasa sungkan seperti kebanyakan generasi pendahulunya.

Tetap Santun dalam Berpendapat

generasi-millennial-2

Meskipun memiliki kelebihan dalam hal tersebut, namun pada millenial harus tetap mengingat norma-norma yang ada. Ini penting agar dalam penyampaian pendapatnya tetap dilakukan secara santun dan tidak menyinggung pihak lain. Karakteristik ketiga adalah memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi. Karakteristik ini rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi, terbukti dengan banyaknya karya dari para Millenial di bidang ekonomi kreatif khususnya melalui media sosial. Karakteristik lain yang juga dimiliki adalah tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

Percaya Diri Menjadi Kunci Sukses

generasi-millennial-3

Meskipun rasa percaya diri pada umumnya dikaitkan dengan kepribadian seseorang. Namun, banyak yang menilai bahwa anak-anak Millenial cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Hal ini terbukti dengan publikasi karya-karya yang dimiliki khususnya di media sosial. Keberanian untuk mempublikasi karya-karya tersebut tentunya didasarkan pada rasa percaya diri akan penerimaan masyarakat. Karakteristik ini juga berkaitan dengan optimisme yang dimiliki. Meskipun terkadang penerimaan masyarakat terhadap karya-karya mereka kurang sesuai harapan, namun para millenial tetap optimis bahwa selalu ada peluang untuk kreatifitas.

Kreatifitas yang Bertanggung Jawab

generasi-millennial-4

Optimisme tersebut sudah selayaknya dipegang teguh untuk hal-hal yang positif, agar nantinya para millenial tidak terjebak pada kecenderungan yang kurang baik dan hanya bisa mengatasnamakan kebebasan saja. Karakteristik keenam para millenial yang menunjang pembangunan ekonomi kreatif adalah suka mencoba hal-hal baru. Jika diperhatikan hampir setiap hari muncul hal-hal baru yang menjadi fenomena dan mayoritas penggeraknya adalah para millenial. Ini menjadi bukti bahwa hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan ternyata bisa menjadi sesuatu yang fenomenal jika berada pada tangan yang tepat.

Aksi Nyata Para Millenial

Mobile Hashtag Horizontal Concept

Banyak gerakan perubahan yang cukup fenomenal dengan menggerakan banyak massa yang diawali dengan penggunaan tanda pagar tertentu di berbagai media sosial. Pada generasi sebelumnya hal ini tidak akan membawa berubahan apapun, namun Generasi Millenial mampu membuat suatu isu menjadi viral dan menyita perhatian publik. Karakteristik terakhir dari generasi ini adalah memiliki kecakapan dalam berkomunikasi.

Pola Komunikasi yang Baik

generasi-millennial-6

Kecapakan berkomunikasi tersebut tidak hanya terbatas pada jenis komunikasi verbal saja, melainkan juga komunikasi lainnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pada medua sosial yang dimiliki pada umumnya para millenial memiliki pola komunikasi yang baik, meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi kesalah pahaman karena pemilihan kata yang kurang tepat. Namun, hal ini tentunya dapat diatasi dengan semakin seringnya belajar dari kesalahan yang pernah terjadi. Itulah sejumlah karakteristik para millenial yang disadari atau tidak ternyata menunjang pembangunan ekonomi kreatif di Indonesia.

Author:webmaster